Sabtu 08 Dec 2012 21:14 WIB

Bali Buka Pendaftaran Pemilih Secara Online

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Mansyur Faqih
Lambang KPU (ilustrasi).
Foto: Antara
Lambang KPU (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Untuk meningkatkan partisipasi dalam Pemilihan Gubernur 2013, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali membuka pendaftaran pemilih secara online

Pendaftaran melalui jaringan internet itu diberikan bagi masyarakat yang belum tercantum namanya pada daftar pemilih sementara.

“Masyarakat juga dapat mengecek lewat website, apakah sudah terdaftar atau belum sebagai calon pemilih,” kata Ketua KPU Bali Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, Sabtu (8/12).

Layanan pendafataran pemilih lewat internet itu diluncurkan Sabtu petang di Taman Budaya Denpasar. Kesempatan itu sekaligus dilakukan penyerahan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) pilgub Bali oleh gubernur kepada KPU. 

Berdasarkan estimasi pertumbuhan jumlah penduduk Bali, diperkirakan jumlah pemilih dalam pilgub kali ini mencapai 3,4 juta. Neningkat sekitar 800 ribu pemilih ketimbang pilgub 2009 yang berjumlah 2,66 juta.

“Kami menargetkan partisipasi pemilih akan mencapai 75 persen, yang juga menjadi indikator keberhasilan pemilu,” ujar dia.

KPU, sambung Lanang, telah melakukan persiapan untuk menyukseskan pilgub Bali tahun depan. Antara lain dengan melakukan sosialisasi aturan, kelembagaan, tenaga kerja dan hal-hal terkait terhadap pelaksanaan pilgub.

“Kami telah membentuk lembaga penyelenggara pilgub secara optimal. Mulai dari KPU kabupaten/kota hingga setiap tempat pemungutan suara,” papar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement