Sabtu 08 Dec 2012 10:46 WIB

Pengganti Andi tak Harus dari Demokrat?

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
 Menpora Andi Alifian Mallarangeng memberikan keterangan pers terkait pengunduran dirinya sebagai Menpora di kantor Kementerian Pemuda dan olahraga di Jakarta, Jumat (7/12).  (Republika/Yasin Habibi)
Menpora Andi Alifian Mallarangeng memberikan keterangan pers terkait pengunduran dirinya sebagai Menpora di kantor Kementerian Pemuda dan olahraga di Jakarta, Jumat (7/12). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setelah pengunduran diri Andi Mallarangeng dari kursi jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), berbagai banyak nama kandidat pengganti pun bermunculan. Pengamat politik Universitas Indonesia (UI), Cecep Hidayat, menilai pengganti Andi tidak harus dari Partai Demokrat.

Ia menilai meskipun Andi diusung oleh Partai Demokrat, namun menurutnya jabatan yang kosong tersebut dapat diambil dari partai lain.  Meskipun begitu, ia mengatakan komposisi kabinet dan pengganti Menpora tergantung pada Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY).

Cecep menambahkan calon pengganti Andi sebaiknya adalah orang yang mempunyai perhatian pada olahraga. “Orang yang peduli terhadap olahraga,” jelasnya ketika dihubungi oleh Republika, Sabtu, (8/12).

Sosok yang dapat membuat perubahan terhadap kondisi olahraga saat inilah  yang sangat dibutuhkan. Mengingat terjadinya kekisruhan di dunia olahraga Indonesia.

“Dalam olahraga di Indonesia banyak masalah yang terjadi, seperti di sepak bola, PON, dan juga nasib para atlet juga harus diperhatikan,” papar Cecep.

Prestasi olahraga yang terpuruk saat ini menurutnya membutuhkan seorang yang dapat menyelamatkan dunia olahraga Indonesia. Ia menambahkan, sosok yang dapat mengayomi organisasi kepemudaan juga dibutuhkan. “Menpora itu punya dua tugas yakni pemuda dan olahraga,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement