Jumat 07 Dec 2012 09:58 WIB

Hujan Datang, Petani Mulai Semai Padi

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Heri Ruslan
Petani mencabut bibit padi yang siap ditanam di sawah.
Foto: Antara
Petani mencabut bibit padi yang siap ditanam di sawah.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Hujan yang mengguyur wilayah Cirebon dalam beberapa hari terakhir, disambut gembira para petani di pantura Kabupaten Cirebon dan Indramayu. Mereka pun mulai bersiap-siap menyemai padi.

''Alhamdulillah, sudah dua hari ini hujan. Waktunya menanam padi,'' tutur seorang petani di perbatasan Kabupaten Cirebon dan Indramayu, Sukirno, Jumat (7/12).

Sukirno mengatakan, musim tanam kali ini sudah mengalami keterlambatan tanam. Hal itu terjadi akibat minimnya curah hujan selama November 2012 sehingga mereka kekurangan pasokan air.

Sukirno menjelaskan, pada Desember tahun lalu, umur tanaman padi petani bahkan sudah mencapai lima pekan. Namun pada tahun ini, petani baru bersiap melakukan penyemaian.

''Abis airnya tidak ada. Kalau dipaksakan tanam, kami khawatir tanaman akan kekeringan,'' tutur Sukirno.

Sementara itu, petani lain di Pantura Kabupaten Indramayu, Radiwan, juga mengaku mulai bersiap-siap melakukan penyemaian padi. Hal itu dilakukan mengingat hujan yang sudah mulai turun dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Seksi Kelembangan dan Pengembangan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Indramayu, Anang, menuturkan, curah hujan di daerah pantura Cirebon memang masih rendah. Akibatnya, para petani mengalami kemunduran musim tanam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement