Kamis 06 Dec 2012 22:39 WIB

Palembang Segera Miliki Monorel

Monorel (ilustrasi)
Foto: AP/John Raoux
Monorel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Untuk menunjang kota Palembang menjadi kota Internasional, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melakukan kerja sama dengan PT True North Brigde (TNB) Capital selaku investor untuk membangun monorel.

Penandatanganan kerja sama itu dilaksanakan Kepala BAPPEDA Sumsel Yohanes H Toruan atas nama Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dengan Presiden Direktur PT TNB Capital Omar Anwar di Palembang, Kamis.

Kepala BAPPEDA Sumsel mengatakan, penandatanganan kerja sama itu merupakan salah satu sejarah bagi pembangunan di Sumsel.

Hal ini karena pembangunan monorel tersebut untuk mendukung Sumsel terutama kota Palembang menjadi kota internasional yang berhasil dan akan dilirik dunia internasional sebagai kawasan investasi yang menjanjikan.

Dengan adanya monorel ini penataan kota dapat terencana dengan baik selain mengantisipasi kepadatan jalan raya di perkotaan.

Dia mengatakan, angkutan kereta api perkotaan yang akan dibangun itu panjang sekitar 25 kilometer, sedangkan untuk anggarannya dibutuhkan dana sebesar Rp5 triliun.

Sementara jalur rel kereta api itu dibagi menjadi dua yaitu koridor I dengan rute Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II-Jalan Kolonel H Burlian-Jalan Demang Lebar Daun-Jalan Angkatan 45-Jalan Kapten A Rivai-Jalan Sudirman-Masjid Agung.

Sedangkan untuk koridor II yaitu Masjid Agung-Jakabaring Sport City (JSC), kata dia. Monorel tersebut akan dibagun enam gerbong dan berkoneksi dikoneksi dengan Transmusi, tambah dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement