Rabu 05 Dec 2012 15:51 WIB

Pemerintah Perbesar Anggaran untuk Papua

Peta Papua. (Ilustrasi)
Peta Papua. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah pada 2013 akan meningkatkan dana alokasi umum untuk kabupaten-kabupaten di Pegunungan Tengah Papua.

"Pemerintah tetap melanjutkan upaya untuk menurunkan tingkat kemahalan di wilayah pedalaman Papua dengan membuka akses jalan baru, penguatan sistem transportasi terpadu, sistem insentif, dan desain anggaran yang tepat," kata Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah Velix Wangga di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, kebijakan anggaran sektoral kementerian juga diperbesar untuk pelayanan pendidikan, kesehatan, ekonomi rakyat di kampung-kampung, dan infrastruktur dasar wilayah.

Demikian pula, dengan dana otonomi khusus 2013 untuk Provinsi Papua sebesar Rp 4,3 trilliun dan Rp 1,8 triliun untuk Provinsi Papua Barat.

"Pemerintah juga menambahkan dana tambahan infrastruktur kepada Papua dan Papua Barat sebesar Rp 1 triliun. Dengan alokasi tersebut, Presiden menegaskan agar ditujukan untuk kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan penduduk asli Papua," tuturnya.

Velix mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam dua tahun ke depan akan memperkuat posisi dasar pemerintah di Papua dengan mengonsolidasikan otonomi khusus bagi Papua.

"Otonomi khusus merupakan 'win-win solution' yang disepakati rakyat Papua dan pemerintah. Di belahan negara mana pun, otonomi khusus merupakan jalan tengah menyelesaikan konflik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement