Rabu 05 Dec 2012 13:37 WIB

Bio Farma Raih Penghargaan PROPER Hijau

Kepala Divisi CSR dan Umum R. Herry (Kanan) menerima penghargaan Proper Hijau Periode 2012 dari Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Balthasar Kambuaya (Kiri), pada acara Malam Anugerah Lingkungan
Foto: bio farma
Kepala Divisi CSR dan Umum R. Herry (Kanan) menerima penghargaan Proper Hijau Periode 2012 dari Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Balthasar Kambuaya (Kiri), pada acara Malam Anugerah Lingkungan

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- PT Bio Farma (Persero) meraih penghargaan PROPER Hijau dari Kementrian Lingkungan Hidup RI.

Penghargaan ini merupakan penghargaan yang ke-empat kalinya sejak tahun 2008. Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong perusahaan untuk taat terhadap peraturan lingkungungan hidup dan mancapai keunggulan lingkungan (environmental excellency). “Pelaksanaan PROPER bertujuan untuk mendorong tingkat ketaatan perusahaan terhadap peraturan lingkungan hidup dan menjadikan isu lingkungan sebagai salah satu pendorong inovasi dan peningkatan daya saing perusahaan,'' ujar Menteri Negara Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya.

Dalam mencapai keunggulan lingkungan hidup, Bio Farma berupaya menjalankan program pengembangan masyarakat. Melalui integrasi prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam produksi dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, 3R (Reuse, Recycle, dan Reduce), efisiensi energi, konservasi sumber daya, pelaksanaan bisnis yang beretika serta bertanggung jawab terhadap masyarakat. “Pada dasarnya kepedulian Bio Farma terhadap lingkungan ini, tidak semata – mata hanya sebatas menjaga lingkungan perusahaan sekitar terbebas dari limbah hasil produksi. Namun, bagaimana caranya lingkungan yang ada di sekitar terutama masyarakat sekitar perusahaan bisa berkembang dan tumbuh bersama perusahaan,'' Ungkap Herry Kepala Divisi CSR dan Umum PT Bio Farma (Persero).

 

Melalui program SMART (Specific, Measurable, Achievable, Rational, & Timebound) Bio Farma menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang sejalan dengan prinsip triple bottom lines, yaitu 3P (People, Planet dan Profit). “Dengan adanya 3P sebagai panduan kegiatan CSR telah menggambarkan, Bio Farma tidak semata – mata hanya mengejar profit saja, tetapi juga memiliki kepedulian terhadap masyarakat (people) dan lingkungan (planet)”

Dengan potesi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar, Bio Farma menjalin kerjasama degan berbagai pihak terkait dan masyarakat melalui 4 pilar utama, yaitu: Program Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi dan Lingkungan Hidup.

Porgram CSR, Acces to Medicine and Healthcare, merupakan wujud kepedulian Bio Farma terhadap kesehatan masyarakat. Kepedulian ini bertujuan untuk meningkatkan kemudahan masyarakat khususnya di daerah terpencil untuk mendapatkan fasilitas kesehatan seperti obat-obatan, pemberian imunisasi gratis, pembuatan puskesmas dan posyandu, edukasi mengenai kesehatan, perbaikan gizi bayi dan balita serta pendampingan kader kesehatan.

Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan adala pemberian Vaksin Influenza gratis bagi 1600 peserta yang hadir pada peringatan Hari Kesehatan Nasional tanggal 12 November 2012 di Jakarta. (adv)

sumber : Bio Farma
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement