Rabu 05 Dec 2012 10:07 WIB

Ribuan Buruh Rencana Gelar Aksi di Bunderan HI

Rep: Riana Dwi Resky/ Red: Yudha Manggala P Putra
Aksi Buruh (ilustrasi)
Foto: Antara
Aksi Buruh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan buruh dari Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) rencananya bakal menggelar aksi di sejumlah kawasan ibu kota hari ini. Mereka akan berkumpul di Bunderan HI, Jakarta Pusat, mulai pukul 10.00 WIB lalu bergerak ke Kedubes Korea, Kedubes Jepang, dan Mabes Polri.

Aksi ini mengangkat tema 'Stop Kriminalisasi Aktivis Buruh dan Tegakkan UU 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja'. Tujuan aksi tersebut untuk mendesak aparat kepolisian agar lebih tegas mengawal dan menegakkan hukum terkait perlindungan berserikat dan berorganisasi di lingkungan perusahaan khususnya pada perusahaan Korea.

Salah satu anggota Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek, Rifki mengatakan, pengusaha nakal yang punya uang banyak, biasanya membayar preman melakukan tindakan kekerasan pada buruh yang menggelar aksi di perusahaannya.  ''Dan polisi cuma ngeliatin aja'', ujarnya pada Republika, Selasa (4/12).

Aksi ini berpotensi menimbulkan kemacetan. Untuk itu, masyarakat diimbau agar menghindari ruas jalan sekitar Bunderan HI; Jalan M.H. Thamrin, Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Gatot Subroto, Jalan Jend. Sudirman dan Jalan Trunojoyo. Bagi yang mengarah kesana, diharapkan bisa mengambil rute lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement