Selasa 04 Dec 2012 22:00 WIB

Turis Jerman Dominasi Kunjungan Wisata di Sulut

Snorkeling di Taman Laut Bunaken sambil bercengkrama dengan ikan-ikan cantik.
Foto: REPUBLIKA/Asep Nurzaman
Snorkeling di Taman Laut Bunaken sambil bercengkrama dengan ikan-ikan cantik.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Turis Jerman mendominasi kunjungan wisata di Provinsi Sulawesi Utara pada Oktober 2012.

"Turis Jerman yang datang ke Manado, Sulut, melalui pintu masuk Bandara Sam Ratulangi Manado tercatat sebanyak 226 orang," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Dantes Simbolon di Manado, Selasa.

Dantes mengatakan, selain Jerman, wisatawan Singapura dan Amerika Serikat serta Jepang, masih tetap mengandalkan Manado sebagai salah satu tujuan favorit.

"Wisatawan mancanegara (Wisman) Singapura yang kunjungi Sulut tercatat sebanyak 180 orang dan Amerika Serikat 139 orang, disusul Jepang 107 orang," kata Dantes.

Faktor keamanan Sulut yang tetap terjaga serta keindahan Taman Nasional Laut Bunaken, kata Dantes masih tetap menjadi faktor dan pendorong wisatawan luar negeri datang berkunjung ke Sulut.

Selama Oktober 2012, Wisman yang datang ke Sulut tercatat sebanyak 1.867 orang, mereka berasal dari 17 negara di dunia.

Selain keempat negara, negara lainnya yang warganya kunjungi Sulut yakni Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, China, India, Filipina, Hongkong, Thailand, Australia, Inggris, Belanda, Prancis dan Rusia.

Dengan kunjungan wisman sebanyak 1.867 orang pada Oktober 2012, maka total turis yang datang ke Sulut menggunakan angkutan udara selama Januari hingga Oktober tahun ini sudah mencapai 16.136 orang.

Dibandingkan dengan periode yang sama 2011 yang sebanyak 17.042 orang, berarti periode tahun ini terjadi penurunan 5,32 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement