Selasa 04 Dec 2012 08:55 WIB

Yogyakarta Kurang Sekolah Inklusi

Rep: Yulianingsih/ Red: Fernan Rahadi
Tugu Yogyakarta
Tugu Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Meskipun menyandang predikat Kota Pendidikan, namun keberadaan sekolah inklusi di Kota Yogyakarta masih kurang. Bahkan jumlah sekolah umum yang menjadi sekolah inklusi di Kota Yogyakarta belum ada 10 persennya.

"Jumlah sekolah inklusi di Yogya baru 22 sekolah dari sekitar 520 sekolah tingkat SD hingga SMA," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Budi Asrori, Selasa (4/12).

Menurutnya, sekolah inklusi merupakan sekolah umum baik negeri maupun swasta yang menerima siswa berkebutuhan khusus (disabel) di sekolah itu. Siswa disabilitas ini mendapat pendidikan yang sama dengan siswa lain namun dengan pendekatan atau metode berbeda.

Diakuinya, kendala terbesar pendirian sekolah inklusi adalah kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini guru. Oleh karena itu Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta mendirikan pusat pelatihan dan konsultasi bagi guru inklusi.

Pusat pelatihan ini didirikan di SD Negeri Giwangan Yogyakarta. SD ini juga menjadi pilot project sekolah inklusi di Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement