Ahad 02 Dec 2012 20:04 WIB

Menhut Ajak Warga Muhammadiyah Aktif Tanam Pohon

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Hafidz Muftisany
Menhut Zulkifli Hasan
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menhut Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengajak warga Muhammadiyah di Provinsi Lampung untuk aktif dalam mendukung gerakan penanaman pohon yang dicanangkan oleh pemerintah. 

Demikian diungkapkan oleh Zulkifli saat menyampaikan paparannya dalam rangkaian acara Tabligh Akbar Milad Satu Abad Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Bandar Lampung, Ahad (2/11).

"Kader (dan simpatisan) bisa menjadi yang terdepan dalam menanam pohon," tutur Zulkifli. 

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat  Muhammadiyah Din Syamsuddin, Kapolda Lampung Heru Winarko dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Nurvaif S. Chaniago serta segenap kader dan simpatisan Muhammadiyah di Provinsi Lampung.

Zulkifli memaparkan, pada 2010 sebanyak 1,3 miliar batang pohon telah di tanam melalui gerakan tersebut.  Jumlah itu meningkat pada 2011 dengan jumlah 1,5 miliar batang pohon.

Walau terganggu mundurnya musim penghujan, Zulkifli meyakini pada 2012 jumlah batang pohon yang ditanam bisa di atas 1 miliar pohon.  "Itu belum termasuk yang ditanam oleh masyarakat secara mandiri," imbuh Zulkifli.

Zulkifli juga menyinggung bencana yang kerap terjadi setiap datang musim kemarau dan musim hujan.  Masyarakat di kala musim kemarau, risau karena kekeringan.  Sedangkan tatkala musim hujan, masyarakat risau karena banjir dan longsor.  Menurut Zulkifli, semua itu sebabnya satu.  "Kita mengeksploitasi sumber daya alam melebihi daya dukung lingkungannya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement