Ahad 25 Nov 2012 20:13 WIB

Katulampa Terus Siaga

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Chairul Akhmad
Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat.
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Bendung Katulampa, Ciawi, Bogor, terus siaga memonitor kenaikan debit air akibat hujan di kawasan Puncak, Ciawi, Bogor.

Saat ini, Ahad (25/11) pagi, ketinggian debit air masih normal di 30 sentimeter.

Hingga hari ini, titik tertinggi di Bendung Katulampa sejak musim penghujan yaitu 100 sentimeter yang artinya siaga 3 pada Ahad (18/11) lalu. Sementara kemarin, Sabtu (24/11), Bendung Katulampa mencapai siaga 4 di ketinggian air 70 sentimeter.

Andi Sudirman, Kepala Petugas Penjaga Bendung Katulampa mengatakan semua sarana prasarana stand by memonitor. "Setiap hari petugas siaga 24 jam," kata Andi.

Andi berlakukan piket bergantian setiap harinya sebanyak dua orang per 24 jam. "Jika kondisi mencapai siaga, semua petugas yang terdiri dari tujuh orang bersiap di kantor," sambungnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kata Andi, memprediksi kondisi hujan merata ini akan terus berlangsung hingga Februari 2013. "Hujannya merata dengan intensitas sedang dan dominan sejak siang hingga malam," ujarnya.

Warga diimbau untuk bersiap dan melakukan berbagai upaya untuk membuat air tidak tergenang. Seperti membersihkan got, selokan, dan saluran-saluran air dari sampah di sekitar tempat tinggalnya agar air dapat mengalir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement