Rabu 21 Nov 2012 23:28 WIB

Keraton Cirebon Adakan Gelar Budaya

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Dewi Mardiani
Keraton Kasepuhan Cirebon.
Keraton Kasepuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Keraton Kasepuhan Cirebon bekerja sama dengan Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif rencana akan mengadakan acara Gelar Budaya Keraton di keraton Kasepuhan Cirebon pada Rabu (5/12) mendatang. Masyarakat pun diajak untuk datang menyaksikan acara itu ke keraton.

''Ayo datang ke keraton,'' ujar Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat, Rabu (21/11). Kegiatan yang baru pertama kali digelar itu dilaksanakan serempak empat keraton Cirebon yakni Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan, dan Keprabonan.

Sultan menjelaskan, dalam acara itu akan dipamerkan sebanya 20 macam kerajinan ekonomi kreatif unggulan Cirebon. Seperti misalnya batik, lukisan kaca, ukiran, maupun beraneka makanan dan minuman.

Gelar Budaya Keraton akan dilaksanakan sehari semalam yang dipusatkan di Keraton Kasepuhan. Selain pameran produk unggulan Cirebon, akan digelar pula kesenian, seperti tari-tarian dari empat keraton di ruang Prabayaksa Keraton Kasepuhan.

Disamping itu akan ditampilkan pula kesenian Cirebon, yaitu tari topeng panji dan kelana dari selangit, topeng beling, tari jinggananom dan tari kipas yang dibawakan siswa-siswa dari SMK Pakungwati.

Pada malam harinya, acara akan ditutup dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Keraton Kasepuhan Ki Kardama Surya Nata Prawa. ''Pada hari itu masuk ke Keraton Kasepuhan gratis, tidak dipungut bayaran,'' tegas Sultan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement