Selasa 20 Nov 2012 22:29 WIB

5.000 Ekor Sapi Potong Siap Dikirim ke Jakarta

Kandang Sapi (ilustrasi)
Foto: AFP
Kandang Sapi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat siap mengirim 5.000 ekor sapi potong ke Jakarta untuk mengatasi kelangkaan daging sapi.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Hery Erpan Rayes di Mataram, Selasa, mengatakan rencana mengirim sapi siap potong tersebut sudah dikoordinasikan dengan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian.

"Kami siap memasok ke Jakarta sesuai permintaan pemerintah pusat. Saat ini, kami sedang koordinasi masalah jalur pengiriman dan transportasinya agar harga sapi potong yang akan dikirim memadai," katanya.

Menurut dia, pemerintah pusat menginginkan agar NTB membantu mengatasi persoalan kelangkaan daging sapi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), karena melihat potensi sapi potong yang mencapai 97 ribu ekor per tahun, sedangkan jumlah pemotongan sekitar 43 ribu ekor per tahun.

Pemerintah pusat juga menilai potensi bibit sapi di NTB, sekitar 18 ribu ekor per tahun, sementara yang dikirim ke beberapa provinsi di Indonesia, sekitar 13 ribu ekor per tahun.

Selain itu, jumlah populasi ternak sapi di NTB, hingga September 2012 sudah mencapai 876 ribu ekor, belum termasuk kerbau.

Rayes mengatakan, seluruh sapi potong yang akan dikirim ke Jakarta berasal dari para peternak di beberapa kabupaten di Pulau Sumbawa, seperti Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.

Menurut Rayes, rencana pengiriman sapi potong sebanyak 5.000 ekor untuk mengatasi kelangkaan daging sapi di Jabodetabek, tidak akan mengganggu ketersediaan dan harga daging sapi di NTB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement