Rabu 14 Nov 2012 07:05 WIB

Pertamina Akuisisi Hak Partisipasi Talisman di ONWJ

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Dewi Mardiani
Ladang Migas
Ladang Migas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero)mengumumkan langkah akuisisi baru. Melalui anak usahanya, Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), BUMN ini membeli 5,0295 persen hak partisipasi di lapangan Offshore Northwest Java (ONWJ) PSC dari Talisman Resources (North West Java) Limited.

Menurut Wakil Presiden Komunikasi Korporat Ali Mundakir, akuisisi ini meningkatkan kepemilikan hak partisipasi Pertamina di ONWJ PSC menjadi 58,2795 persen. "Ini akan mengkonsolidasikan lebih jauh usaha kita untuk meningkatkan cadangan dan produksi di wilayah kerja tersebut, sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk memacu pertumbuhan di sektor hulu," jelasnya, Rabu (14/11).

Namun menurutnya akuisisi ini masih bergantung pada persetujuan regulator terkait. Tapi yang pasti langkah tersebut akan meningkatkan produksi minyak dan gas bumi untuk Pertamina.

"Kira-kira 1.680 barel per hari berupa minyak dan 9,82 MMscfd gas bumi atau setara dengan 3.380 barel setara minyak per hari," ujarnya. Akuisisi ini juga akan memberikan kontribusi bagi peningkatan cadangan terbukti dan mungkin (2P) sebanyak 10,7 juta barel setara minyak.

Saat pertama jatuh ke tangan Pertamina dari BP di 2009, produksi minyak di ONWJ mencapai 23 ribu barel per hari. Saat ini rata-rata 33 ribu barel per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement