Jumat 09 Nov 2012 20:09 WIB

Ucapkan Selamat ke Obama, Ini Harapan SBY

Rep: Esthi Maharani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: Haji Abror Rizki/Rumgapres
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku sudah mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

"Indonesia sebagai sahabat AS, saya sudah mengucapkan selamat kepada Presiden Obama dan saya masih menunggu untuk bisa berkomunikasi langsung lewat telepon. Obama pasti sibuk sekali," katanya, Jumat (9/11).

Presiden SBY pun memilki harapan dengan kepemimpinan Obama di masa depan. Indonesia, lanjutnya, tidak berharap terlalu muluk, hanya menginginkan kemitraan strategis yang bertumpu pada sikap saling menghormati dan saling menguntungkan dari hubungan itu.

"Suatu kerja sama setara tetapi membawa manfaat tak hanya bagi AS dan Indonesia tetapi juga bagi kawasan," katanya.

Presiden Obama dianggapnya mengenal kawasan ini (Asia Tenggara) dan mengenal Indonesia. Karena itu, ia berharap kehadiran sejarah berpeluang  membangun kerja sama yang lebih baik termasuk dalam menyelesaikan masalah di kawasan. Contohnya, masalah Laut Cina Selatan, Asia Timur, dan Myanmar.

"Harapan saya sekali lagi, bisa bekerja sama dengan baik. Demikian juga kebersamaan dalam forum G-20 indonesia terus menyuarakan kepentingan negara berkembang. Pentingnya inklusi keuangan, mempersempit jurang pembangunan, memerangi kemiskinan, menghadapi perubahan iklim dan agenda pasca-2015. Saya harap Presiden Obama juga memiliki jalan pemikiran yang sama. Sehingga hasilnya akan lebih bagus," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement