Rabu 07 Nov 2012 13:41 WIB

PKS: Kebijakan Obama tidak Signifikan bagi Indonesia

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Yudha Manggala P Putra
Obama SBY
Foto: antara
Obama SBY

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKS, Mahfudz Siddiq menilai kebijakan Obama selama empat tahun memimpin Amerika Serikat tidak ada yang berpengaruh secara signifikan bagi Indonesia. 

"Perhatian lebih terhadap Indonesia adalah konsekuensi dari orientasi AS yang mulai alihkan fokus ke Asia Timur atau Asia Pasifik," jelasnya, kepada Republika, Rabu (7/11). Dan orientasi ini didukung baik Partai Demokrat AS ataupun Republik. Jadi siapapun yang menang pilpres, Obama atau Romney, tidak akan ada pengaruh besar ke Indonesia.

Apalagi, jelasnya, isu-isu besar kampanye keduanya lebih fokus ke urusan dalam negeri, khususnya ekonomi domestik yang terus melorot. AS sekarang turun dari 10 besar ke nomor 12 negara makmur di dunia.

Meskipun demikian, Mahfudz menyatakan kemenangan Obama patut disyukuri. "Selamat buat Obama yang terpilih kembali. Pesan saya jangan ciptakan ketegangan baru di kawasan asia timur, khususnya dalam konteks konflik laut Cina selatan," paparnya. 

Kehadiran militer AS besar-besaran di kawasan ini akan berdampak pada keamanan, politik, dan ekonomi, yang serius bagi banyak negara, termasuk Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement