Selasa 06 Nov 2012 19:28 WIB

DPR Habiskan Satu Miliar untuk Perbaikan Pagar

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Fernan Rahadi
Gedung DPR
Foto: Republika
Gedung DPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menghabiskan anggaran senilai Rp 1 M untuk perbaikan pagar. Anggaran itu dianggap wajar karena pondasi terbuat dari beton.

Pagar itu rencananya membentang sepanjang 287,45 meter dengan tinggi 2,9 meter yang berbatasan langsung dengan Taman Ria Senayan. Pondasi yang digunakan bernama strous pile yang ditanam dengan kedalaman 3 meter. Adapun besi yang digunakan memiliki diameter 25 milimeter.

"Ini harganya standar, karena untuk di Jakarta, harga per meter perseginya sekitar Rp 3,5 juta," ujar Kepala Biro Pemeliharaan Bangunan dan Instalasi Sekretariat Jenderal DPR, Erry S Achyat, Selasa (6/11).

Menurutnya, tujuan pembangunan pagar tersebut atas permintaan anggota dewan yang mengeluhkan soal keamanan. "Terutama kalau sedang rapat panja, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan," katanya.

Hal itu dibenarkan oleh Anggota Komisi III DPR Ruhut Sitompul, yang mendukung rencana perbaikan pagar tersebut. "Kan sudah sering dijebol kalau ada demo, jadi perlu diperkuat pagarnya," kata politisi Partai Demokrat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement