Jumat 02 Nov 2012 14:13 WIB

Buruh Demo, Jokowi Kaget

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Dewi Mardiani
Jokowi
Foto: Antara
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi demonstrasi adalah pemandangan yang biasa terjadi di Balai Kota Jakarta. Tapi, bukan berarti aksi yang biasa tersebut tidak bisa membuat kaget Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi.

Insiden tersebut terjadi ketika Jokowi hendak berangkat untuk menghadiri pertemuan dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar, Jumat (2/11). Saat berjalan menuju mobil dinasnya yang terparkir di halaman Balai Kota, ia sempat berhenti sejenak.

"Loh, ini ada apa kok ramai-ramai?" tanya Jokowi kepada kepada wartawan yang mengerumuninya. Kontan, Jokowi mengangkat dagunya mencoba melihat lebih detil apa yang terjadi di Jalan Medan Merdeka Selatan, depan Balai Kota. Para wartawan pun kompak menjawab, "Ada demo, Pak."

"Demo dari mana?" tanya Jokowi lagi. "Demo dari buruh soal upah," timpal wartawan. "Oh ya sudah. Kan ini mau dibicarakan," tutup Jokowi melanjutkan langkahnya.

Pantauan ROL, ratusan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) mulai berkumpul di depan Balai Kota sejak pukul 09.00 WIB. Kedatangan mereka untuk mengawal rapat penentuan nilai Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di ruang rapat Wakil Gubernur. Selain itu, mereka juga menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan penghapusan sistem outsourcing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement