Kamis 01 Nov 2012 19:32 WIB

Menakertrans: Upah Buruh Harus Naik

Demo buruh tuntut kenaikan upah
Foto: Antara
Demo buruh tuntut kenaikan upah

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO--Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan upah pekerja/buruh di Indonesia harus naik secara signifikan. Pasalnya kenaikan itu adalah salah satu faktor kunci meningkatkan kesejahteraan pekerja dengan hidup layak.

"Mendukung langkah itu, kami berharap pemerintah daerah bisa menekan dan menghilangkan praktik 'high cost economy' atau ekonomi biaya tinggi di daerahnya masing-masing," ujarnya ketika berdialog dengan perwakilan buruh di Sidoarjo, Kamis (1/11).

Ia menjelaskan, salah satu upaya menaikkan upah pekerja/buruh yakni dengan menekan dan menghilangkan penyebab-penyebab terjadinya ekonomi biaya tinggi yang memberatkan dunia usaha di Indonesia.

Selain itu, pihaknya mengemukakan bahwa selama ini ongkos usaha yang mahal menjadi penghambat ekonomi, dan membuat pengusaha kesulitan mengembangkan usahanya dan menaikkan upah pekerja secara signifikan.

"Karena itulah kami terus mendorong agar pemerintah daerah memperbaiki iklim ketenagakerjaan di daerahnya dengan cara menghilangkan praktik-praktik semacam pungutan liar, mempermudah perizinan berbelit dan biaya tidak jelas lainnya yang selama ini membebani pengusaha," terang dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement