Rabu 31 Oct 2012 23:34 WIB

Linda Gumelar Imbau Deteksi Kini Kanker Payudara

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar
Foto: Prayogi
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengimbau para perempuan Indonesia untuk tidak takut melakukan deteksi dini kanker payudara.

"Jangan takut karena kanker payudara yang diketahui sejak dini bisa disembuhkan," kata Linda Amalia Sari Gumelar di Jakarta, Rabu.

Linda menjelaskan, dirinya pernah divonis menderita kanker payudara namun bisa disembuhkan secara total.

"Itu karena saya melakukan deteksi dini, pada stadium awal kemungkinan kanker payudara disembuhkan akan semakin besar dibanding pada stadium lanjut," katanya.

Dia juga mengatakan, dirinya akan terus melakukan kampanye deteksi dini kanker payudara pada perempuan-perempuan di Tanah Air.

Sementara itu, Kepala Instalasi Deteksi Dini RS Dharmais Walta Gautama mengatakan kemungkinan penderita kanker payudara stadium satu bisa disembuhkan sekitar 95 persen.

"Banyak kasus kanker payudara stadium yang masih sangat awal yakni stadium satu bisa disembuhkan karena kemungkinannya 95 persen," kata Walta Gautama.

Walta menambahkan, pada kanker payudara stadium dua, kemungkinan sembuh sekitar 85 persen sementara pada stadium yang sangat lanjut yakni stadium empat sekitar 20 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement