Rabu 31 Oct 2012 23:20 WIB

Dua Syarat Jika Satu Negara Ingin Maju ala JK

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Hazliansyah
Jusuf Kalla
Foto: Yudhi Mahatma/Antara
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politisi senior Jusuf Kalla menyebut ada dua hal yang harus dimiliki satu bangsa yang ingin maju. Yakni semangat ingin maju dan pendidikan tinggi.

"Jika tidak ada semangat, bagaimana suatu bangsa ingin maju," ujarnya saat berdialog dengan para "Pengajar Muda" di Markas Pusat Palang Merah Indonesia (PMI),  Jakarta, Rabbu (31/10).

Pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ini mencontohkan Jepang, Korea dan Singapura bisa menjadi negara maju berkat semangat yang tinggi.

"Semangat besar dan pendidikan tinggi membuat ketiga negara ini bisa maju walau tanpa sumber daya alam," ucapnya.

JK, sapaan akrabnya, berujar pendidikan juga menjadi syarat penting lantaran mampu memberikan nilai tambah pada setiap produk yang dihasilkan.

Dirinya mencontohkan, air bersih harganya akan lebih murah jika tidak dilengkapi dengan kemasan. Namun apabila air tersebut telah dikemas menggunakan wadah, penutup dan label kemasan, maka nilainya pun akan bertambah dan berdampak pada nilai jual. Untuk menambah nilai jual ini diperlukan suatu teknologi.

"Teknologi ini hanya bisa diperoleh melalui pendidikan tinggi. Itulah mengapa sebabnya pendidikan sangat penting," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement