Selasa 30 Oct 2012 22:04 WIB

Cagub Jabar Ramai-ramai Minta Restu ke Keraton Kasepuhan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Keraton Kasepuhan Cirebon.
Keraton Kasepuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID,  CIREBON--Sederet nama tokoh yang akan maju dalam bursa pencalonan gubernur Jawa barat periode 2013-2018, ramai-ramai meminta restu ke Keraton Kasepuhan, Cirebon. Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat pun berpesan agar mereka bekerja bersungguh-sungguh dan amanah jika terpilih nanti menjadi gubernur.

Salah satu tokoh yang datang meminta restu itu adalah Rieke Diah Pitaloka. Dia masuk dalam bursa pencalonan gubernur Jabar dari PDIP Perjuangan. ‘’Iya benar, tadi pagi Rieke datang kesini,’’ ujar Sultan, usai menerima silaturahmi Rieke Dyah Pitaloka, Selasa (30/10).

Sultan menjelaskan, Rieke datang ke Keraton Kasepuhan untuk meminta restu pencalonan dirinya sebagai calon gubernur Jabar dari PDI Perjuangan.  Selain itu, Rieke pun bermaksud menjalin silaturahim dengan keluarga leluhurnya yang memang berasal dari Kasepuhan.

Sultan juga mengungkapkan, pihaknya terbuka dengan jalinan silaturahim dan permintaan restu dari siapapun. Dia hanya berpesan agar para tokoh yang akan maju dalam pencalonan gubernur Jabar benar-benar memahami kondisi Jabar agar bisa membawa Jabar ke arah yang lebih baik.

 

Tak hanya itu, Sultan pun meminta agar para calon pemimpin Jabar tersebut untuk tidak melupakan sejarah. Mereka pun harus bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, dan amanah.

Selain Rieke, sejumlah nama tokoh pun telah terlebih dulu meminta restu ke Keraton Kasepuhan untuk maju dalam ajang pilkada Jabar 2013 mendatang. Mereka adalah Ahmad Heryawan, Dede Yusuf, Dada Rosada, Nanan, Dikdik Maulana (Kapolda Sumsel), dan Dedi Dores.

Sementara  itu, setelah meminta restu kepada Sultan Sepuh, Rieke pun meluncur ke kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati di Astana Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Dia pun menunaikan sholat Dzuhur di tempat yang juga menjadi kompleks pemakaman sultan-sultan di Cirebon tersebut.

Saat dikonfirmasi mengenai maksud kedatangannya ke Keraton Kasepuhan, Rieke pun mengakui jika dia memang meminta restu kepada Sultan Sepuh.

 

‘’Tidak ada salahnya kita meminta restu dan petunjuk dari yang lebih tua,’’ tegas Rieke.

Ketika ditanyakan mengenai pencalonannya dalam ajang pilkada Jabar, Rieke menjelaskan, hingga kini belum ada rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. Dia mengatakan, rekomendasi itu belum turun masih menunggu kepulangan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati, yang sedang menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement