Sabtu 20 Oct 2012 18:17 WIB

2.221 TKI Dipulangkan

Rep: Fenny Melisa/ Red: Dewi Mardiani
Menteri Sosial, Salim Segaf Al-Jufri
Foto: Musiron/Republika
Menteri Sosial, Salim Segaf Al-Jufri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 2.221 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dipulangkan Kementerian Sosial (Kemensos). Hal ini disampaikan Menteri Sosial, Dr Salim Segaf Al Jufri, Sabtu (20/10) pada kegiatan pemulangan TKI Overstayer dan TKIB di terminal 4 Bandara Soekarno Hatta.

"Itu jumlah TKI yang dipulangkan dari tanggal 17-21 Oktober. Enam pesawat disediakan sebagai akomodasi mereka," ujar Salim.

Salim mengatakan, TKI yang dipulangkan pada pekan ini dilepas dari Bandara Soekarno Hatta hingga ibu kota propinsi masing-masing. "Dari propinsi, bekerja sama dengan dinas sosial di pemerintah daerah, mereka akan diantar sampai rumah masing-masing. Dari Kemensos menyediakan akomodasi berupa bus juga konsumsi selama di perjalanan," kata Salim.

Salim mengatakan TKI yang overstay dan telah dipulangkan berasal dari 14 provinsi diantaranya Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Barat (Kalbar), dan Sulawesi. Dari tahun 2006 hingga 2011 Kemensos sudah memulangkan 185.083 orang TKI dengan total anggaran Rp 127 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement