Jumat 12 Oct 2012 13:03 WIB

Nasehat Pejuang: Tingkatkan Persatuan dan Jangan Tawuran

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Didi Purwadi

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA TUNGKAL -- Mendapat nasehat untuk tetap menjaga persatuan bangsa dari seorang pelaku sejarah perjuangan, tentu nuansanya akan berbeda. Begitulah yang dirasakan 100 pelajar peserta Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) X, yang berlangsung di Jambi pada 8-12 Oktober.

Saat dipertemukan dengan Sakiban, seorang pelaku sejarah perjuangan rakyat Jambi, para pelajar tersebut terlihat begitu antusias menyimak. Sakiban adalah salah satu pejuang yang  mengalami langsung perjuangan rakyat Jambi di wilayah Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Saat ini, usianya sudah mencapai 113 tahun.

Sakiban adalah tentara kesatuan Angkatan Laut. Meski berasal dari Surabaya, Sakiban memilih menghabiskan masa tua untuk tetap berada di Jambi meskipun perjuangan merebut kemerdekaan dari tangan pejajah sudah berakhir.

Kepada peserta Lasenas X, Sakiban berpesan agar para pelajar tersebut selalu meningkatkan persatuan.

''Tingkatkan terus persatuan kalian antara kamu satu siswa dengan lainnya. Jangan pilih-pilih teman, jangan liat sukunya, agamanya. Kita semua ini satu bangsa,'' ujar Sakiban. Pesan untuk menjaga persatuan tersebut diucapkan Sakiban berkali-kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement