Jumat 12 Oct 2012 10:29 WIB

Pelajar Madura Juarai Karya Tulis Lasernas X

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Hafidz Muftisany
Peserta Lasernas X di depan kantor Bupati Kabuaten Tanjung Jabung Barat
Foto: Republika/Andi Nur Aminah
Peserta Lasernas X di depan kantor Bupati Kabuaten Tanjung Jabung Barat

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA TUNGKAL -- Pelajar SMAN 1 Pamekasan, Madura, Danang Aryo Putro Setriyono, berhasil memenangi juara lomba karya tulis Kesejarahan yang merupakan rangkaian kegiatan Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) X, yang digelar di Jambi.

Danang membuat karya tulis berjudul 'Kearifan Sejarah sebagai Solusi Degradasi Moral Remaja Pamekasan'.

Berturut-turut, juara 2 diraih  Agus Putra, pelajar SMAN 2 Tanjungpinang yang membuat karya tulis berjudul:  'Berpariwisata ke Masa Lalu, Napak Tilas Sejarah Sebagai Upaya Generasi Muda Memahami Sejarah Bangsa. Juara 3, Lydia Kurniasari, siswa SMA 1 Pangkalpinang dengan karya tulis: 'Peran Pemuda Pelajar SMA N 1 Pangkalpinang Dalam Rangka Melestarikan Peninggalan Sejarah di Kota Pangkalpinang'.

Sedangkan juara Harapan 1 adalah Kiki Fatmawati, pelajar SMAN 8 Kota Jambi. Dia menulis karya berjudl :' Kesadaran Generasi Muda Akan Pentingnya Sejarah di Era Globalisasi'.

Juara harapan 2, adalah  Radikal Yuda Utama, pelajar SMAN Plus Propinsi Riau. Karya tulis yang dibuatnya berjudul: ' Refleksi Historical menthlist: Implementasi Sejarah dalam Mempertahankan Identitas Diri di Kalangan Generasi Muda'.

Sementara Harapan 3 diraih Wening Setyanti, pelajar SMA N 1 Wonosobo. Karya tulis yang dibuatnya berjudul: ' Pembelajaran Sejarah dan Pembangunan Karakter Bangsa.'

Karya tulis menjadi salah satu persyaratan yang dinilai oleh juri untuk mengikuti Lasenas X. Para pelajar yang menang tersebut mendapatkan hadiah piagam dan sejumlah uang dari Kemendikbud.

Kasubdit Sejarah Kemendikbud, Amurwani mengaku bangga dengan hasil yang dicapai para pelajar tersebut. ''Karya tulis yang mereka bikin bagus-bagus. Membaca karya tulis Danang, rasanya seperti bukan baca buatan anak SMA saja, saking bagusnya,'' kata Amurwani, Jumat (12/10).

Lasenas X, berlangsung di Jambi 8-12 Oktober dan telah berakhir hari ini. Seluruh peserta yang berasal dari berbagai provinsi tersebut, sudah kembali ke daerahnya masing-masing. Rencananya, Lasenas XI 2013 mendatang akan berlangsung di Madura dan Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement