Kamis 11 Oct 2012 21:50 WIB

Nadine Kampanye Setop Sirkus Lumba-lumba Keliling

Rep: Gita Amanda/ Red: Hafidz Muftisany
Nadine Chandrawinata
Foto: Lovelytoday.com
Nadine Chandrawinata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sirkus lumba-lumba keliling masih kerap diselenggarakan di Indonesia. Padahal praktik tersebut dinilai kejam terhadap lumba-lumba dan ilegal secara hukum.

Sejumlah artis ibukota seperti Nadine Chandrawinata, Coki Netral, Riyyani Djangkaru menolak dukungan untuk sirkus lumba-lumba keliling.

Ditemui di kantor sekertariat Change.org Kamis (11/10), Nadine mengatakan praktik sirkus lumba-lumba harus segera dihentikan. Sebab akan membuat hewan-hewan tersebut stres dan lebih jauh mengancam kelangsungan hidupnya.

"Kelangsungan hidup lumba-lumba dapat terancam. Di balik senyum dan kepintaran mereka saat beratraksi, ada banyak sesi latihan yang kejam yang harus mereka lalui," ujar Nadine pada wartawan.

Melalui gerakan Save Lumba-lumba yang digaungkannya bersama teman-teman, Nadine berharap dapat mengedukasi masyarakat untuk berhenti menyaksikan sirkus lumba-lumba. Menurut Nadine mungkin selama ini banyak yang beranggapan hewan-hewan yang ikut sirkus mereka senang, penurut dan pintar. Namun untuk sampai pada tahap itu mereka perlu 'cambukkan'.

"Terakhir Lottemart sudah berhenti memberi dukungan untuk sirkus keliling," ujar Nadine.

Menurut data Change.org sirkus lumba-lumba keliling masih kerap diselenggarakan di Indonesia. Terakhir Bantul, Sukabumi, dan Semarang. Padahal praktik sirkus lumba-lumba dianggap oleh komunitas internasional sebagai praktik kejam dan ilegal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement