Rabu 10 Oct 2012 21:58 WIB

'Silent Killer' Itu Bernama Kolesterol

Beberapa sumber makanan bebas kolesterol (ilustrasi)
Foto: PIERREDEJAGER
Beberapa sumber makanan bebas kolesterol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- JAKARTA -- Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga Nasional (SKRTN), dalam sepuluh tahun terakhir angka kematian di Indonesia akibat penyakit jantung koroner (PJK) cenderung mengalami peningkatan.

Demikian yang disampaikan Pakar penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Ari Fahrial Syam. Ari menyebut pada 1991, angka kematian akibat PJK adalah 16 persen, kemudian pada 2001 angka tersebut melonjak menjadi 26,4 persen.

Angka kematian akibat PJK diperkirakan mencapai 53,5 per 100 ribu penduduk di Indonesia. "Kolesterol tinggi merupakan 'silent killer' atau pembunuh tersembunyi yang sering tidak disadari," kata Ari usai acara kegiatan 'Cek Kolesterol Gratis' yang digelar PT Pfizer Indonesia di Jakarta, Rabu (10/10). Acara itu digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kolesterol.

Ari melanjutkan, "Kandungan kolesterol yang tinggi dalam tubuh kerap tak dirasakan, padahal dampaknya mematikan." (baca: Kelebihan Koresterol Bisa Bikin Mati Mendadak).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement