Rabu 03 Oct 2012 14:00 WIB

Buruh Karawang Lakukan 'Sweeping' ke Pabrik-pabrik

Aksi Buruh (ilustrasi)
Foto: Antara
Aksi Buruh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melakukan aksi sweeping di sejumlah pabrik sekitar kawasan industri dan kawasan berikat yang berada di sepanjang jalan dari Cikampek hingga Klari, Rabu (3/10).

Pantauan ANTARA, aksi sweeping dilakukan serikat pekerja yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Karawang, dan lain-lain.

Mereka melakukan sweeping untuk mengajak para buruh yang masuk kerja agar mengikuti aksi mogok kerja yang telah dilakukan massa dari berbagai serikat pekerja di Karawang.

Aksi sweeping itu sendiri berlangsung lancar. Hanya, di beberapa pabrik seperti di sebuah pabrik sekitar Anggadita, Kecamatan Klari, terdapat ketegangan antara pengunjuk rasa dengan beberapa pekerja yang menolak diajak berunjuk rasa dan mogok kerja.

"Hari ini kegiatannya memang sweeping mengajak para pekerja mengikuti aksi mogok kerja," kata Dudung salah seorang pengurus SPSI Karawang, di Karawang, Rabu.

Ribuan buruh yang tergabung dalam berbagai serikat pekerja melakukan aksi mogok nasional dalam rangka menyampaikan berbagai tuntutan mereka seperti penghapusan outsourching, tolak upah murah, dan jaminan kesehatan bagi buruh.

Selain melakukan aksi sweeping, para pengunjuk rasa dari berbagai serikat pekerja juga melakukan konvoi dengan menggunakan sepeda motor.

Aksi konvoi itu sendiri sempat mengakibatkan arus lalu lintas di sejumlah titik sepanjang jalan utama Karawang dari Cikampek sampai Karawang Kota tersendat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement