Selasa 02 Oct 2012 19:34 WIB

Besok, Jutaan Buruh Mogok Nasional

Rep: Mohammad Akbar/ Red: Fernan Rahadi
Ribuan buruh saat berdemonstrasi menolak sistem kerja outsourcing (ilustrasi).
Foto: Antara/M Ali Khumaini
Ribuan buruh saat berdemonstrasi menolak sistem kerja outsourcing (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengatakan sebanyak 2,8 juta buruh akan menggelar mogok kerja nasional. Aksi mogok kerja ini akan dilakukan pada Rabu (3/10) di sebanyak 80 tempat kawasan industri.

''Mogok nasional ini akan dilakukan dari pukul 09.00-18.00 WIB. Estimasinya akan ada 2,8 juta buruh yang berasal dari 21 kabupaten/kota,'' kata Iqbal melalui pesan singkatnya kepada Republika, Selasa (2/10) malam.

Selain melakukan mogok kerja di 80 kawasan industri, Iqbal mengatakan, para buruh akan menyerbu ke gedung DPRD di seluruh Indonesia. Ia menjelaskan, aksi terbesar akan dipusatkan di tujuh kawasan industri di Bekasi. ''Di sana akan ada massa sekitar 500 ribu buruh,'' katanya.

Iqbal dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak karena aksi mogok tersebut akan menyebabkan kemacetan.

''Oleh karenanya di wilayah Jabodetabek pada 3 Oktober sebaiknya menghindari jalan sekitar Pulo Gadung, Sunter, KBN Cakung, Tanjung Priok, tol Bekasi Barat, Bekasi Timur, Cibitung, Tambun, Bantar Gebang, Cikarang, Karawang barat dan timur, hingga Balaraja dan Serpong,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement