Sabtu 29 Sep 2012 09:59 WIB

WHO Jamin Virus Baru tak akan Mudah Menyebar di Manusia

Coronavirus (animated)
Foto: mjackwoo.myweb.uga.edu
Coronavirus (animated)

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON --Virus baru yang berpotensi mematikan yang ditemukan pada seorang pasien di London pekan ini tampaknya tak menyebar dengan mudah dari manusia ke manusia. Hal ini dijamin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam keterangan yang diperbarui mengenai virus itu, yang sejauh ini telah menewaskan seorang pria Arab Saudi dan membuat seorang pasien dari Qatar sakit parah, Dinas Kesehatan Inggris menyatakan lembaga tersebut bekerjasama dengan semua mitra internasional guna memahami resiko kesehatan masyarakat tersebut. "Dari keterangan yang tersedia sejauh ini, tampaknya virus baru Corona itu tak bisa dengan mudah menular dari orang ke orang," kata dinas kesehatan tersebut.

WHO mengeluarkan siaga global pada Ahad (23/9), dan menyatakan satu virus baru telah menyerang satu warganegara Qatar yang berusia 49 tahun dan baru-baru ini telah berkunjung ke Arab Saudi --tempat satu orang lagi terserang virus yang sama dan telah meninggal.

Orang Qatar itu digambarkan menderita sakit parah pada Selasa (25/9) di satu rumah sakit London. Tak ada kasus baru yang dikonfirmasi mengenai serangan virus tersebut sejak laporan pertama beredar, kata WHO.

Virus baru itu memiliki gejala SARS, atau Sindrom Pernafasan Sangat Akut, virus Corona --yang muncul di Cina pada 2002 dan menewaskan sebanyak sepersepuluh dari 8.000 orang yang terserang di seluruh dunia.

Kedua pasien tersebut yang sejauh ini telah dikonfirmasi terserang virus baru mengalami gagal ginjal.

"Mengingat beratnya dua kasus yang dikonfirmasi laboratorium, WHO terus memantau keadaan guna menyediakan reaksi, keahlian dan dukungan yang tepat bagi negara anggotanya," demikian pernyataan WHO, sebagaimana dikutip Reuters --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu pagi.

Para ilmuwan dari Pusat Eropa bagi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (ECDC), yang memantau penyakit di Uni Eropa, menyatakan hasil awal virologi dan beda waktu kedua kasus yang dikonfirmasi menunjukkan penularan mungkin telah terjadi dari hewan. Penyakit semacam itu dikenal sebagai "zoonoses".

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement