Kamis 27 Sep 2012 11:42 WIB

Amien Rais Ingin Mahasiswa Punya Nasionalisme

Rep: Heri Purwata/ Red: Hafidz Muftisany
Amien Rais
Foto: Republika/Agung Supri
Amien Rais

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Mantan Ketua MPR RI,  Amien Rais mengatakan jiwa nasionalisme bisa menjadi alat untuk mengatasi segala permasalahan bangsa. Karena itu, jiwa nasionalisme harus ditumbuhkan pada generasi muda.

Amien Rais mengemukakan hal itu pada Kuliah Umum mahasiswa baru program studi  Teknik Lingklungan FTSP Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, Kamis (27/9).

Dijelaskan Amien Rais, nasionalisme adalah sebuah bentuk kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama untuk mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu.

Namun nasional yang dimaksud Amien Rais adalah nasionalisme dalam bentuk nyata, bukan nasionalisme simbolik.

Kata Amien, untuk membangun jiwa nasionalisme dengan cara mengenalkan Indonesia dari luar maupun dalam. Mulai dari kedaulatan Indonesia di bidang ekonomi, politik, dan pertahanan keamanan.

"Tidak cukup hanya tahu, tapi paham akan masalah yang dihadapi dari setiap bidang sehingga kita rakyat indonesia bisa bersama-sama mencari solusi untuk keluar dari masalah yang di hadapi oleh bangsa ini,” tandas Amien Rais.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement