Ahad 23 Sep 2012 21:15 WIB

Makan Jamur, Satu Keluarga Keracunan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hafidz Muftisany
Korban keracunan (ilustrasi)
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Korban keracunan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Sebanyak enam orang warga Kampung Ciburial RT 02 RW 11, Desa Cimangkok, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi mengalami keracunan, Ahad (23/9). Mereka mengalami gejala keracunan setelah mengonsumsi jamur.

Dari enam orang warga yang keracunan, tiga di antaranya terpaksa mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin SH, Kota Sukabumi. Ketiganya adalah Kukun Kurniansyah (32 tahun), Cucu Fatimah (67), dan Julita (8). Sementara tiga warga lainnya telah diperbolehkan pulang karena kondisinya membaik.

Kebanyakan korban keracunan masih merupakan satu keluarga.Salah seorang warga yang keracunan, Kukun mengatakan, ia bersama anggota keluarga yang lain memakan jamur sekitar pukul 10.00 WIB. ‘’Beberapa saat kemudian ingin muntah dan pusing,’’ ujar dia.

Menurut Kukun, ia akhirnya dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Pasalnya, kondisi tubuhnya semakin lemas.Diakui Kukun, sebenarnya ia sudah sering mengkonsumsi jamur. Terlebih, jamur itu diperoleh dari kebun sendiri yang ada di depan rumah.

Namun, selama memakan jamur belum pernah mengalami gejala keracunan seperti yang terjadi saat ini.Kukun mengungkapkan, gejala keracunan tidak dirasakan oleh semua anggota keluarganya yang makan jamur. Hal ini disebabkan anaknya Yoga (11) tidak terkena gejala keracunan seperti anggota keluarga yang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement