Sabtu 22 Sep 2012 08:11 WIB

UNESCO Daftarkan Danau Batur ke Jaringan Geopark Global

Gedung UNESCO. Ilustrasi
Foto: AP
Gedung UNESCO. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- UNESCO akan menambahkan Danau Batur --yang berada di tengah gunung berapi aktif di Bali timur-laut di Indonesia-- ke dalam jaringan geopark global.

Selain Danau Batur, UNESCO juga akan menambahkan tiga lokasi lainnya di dunia ke dalam jaringan geopark global. Ketiga tempat itu adalah sekelompok gunung tinggi di Provinsi Jiangxi di bagian tenggara Cina, Bakony-Balaton di Hongaria yang terkenal karena danau terbesarnya di Eropa tengah.

Satu lokasi lainnya adalah Geological dan Mining Park di Catalonia Tengah di Spanyol. Keempat lokasi baru itu membuat jumlah geopark di jaringan tersebut jadi 91, yang berada di 27 negara.

Jaringan geopark global, yang diciptakan dengan dukungan UNESCO pada 2004 untuk mendorong kerja sama antara ahli warisan geologi dan praktisi, menghubungkan lokasi warisan geologi yang penting, langka atau cantik di dunia dan juga digunakan untuk mendorong pembangunan berkesinambungan bagi masyarakat lokal.

Jaringan tersebut juga bertujuan mendorong kesadaran mengenai strategi pengurangan bencana dan bahaya geologi, perubahan iklim serta perlunya menangani sumber daya alam secara kerkesinambungan.

sumber : Antara/Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement