Rabu 19 Sep 2012 08:17 WIB

Sidang Umum AIPA Siapkan Resolusi

Ketua DPR RI Marzuki Alie (tengah)
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Ketua DPR RI Marzuki Alie (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM--Sidang Umum Inter-Parlemen Asia Tenggara (AIPA) ke-33 di Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu, membahas draf resolusi yang akan menjadi keputusan pertemuan tersebut.

Sidang di hari keempat ini dimulai pukul 09.00 Wita dengan agenda Committe Meeting yang secara paralel terbagi dalam komite-komite, yaitu politik, ekonomi, sosial dan komite organisasi.

Selanjutnya, dialog dengan delegasi parlemen observer, yaitu Australia, Belarus, Kanada, China, Parlemen Eropa, India, Jepang, Republik Korea dan Federasi Rusia.

Hasil pembahasan di tingkat komite akan diplenokan untuk menghasilkan komunike bersama pada malam harinya. Menurut rencana, setelah seluruh agenda persidangan pada hari ini, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan akan menjamu peserta Sidang Umum AIPA.

Sebelumnya, Presiden AIPA Marzuki Alie mengatakan, isu-isu yang dicakup dalam berbagai resolusi yang dihasilkan dalam 30 kali Sidang Umum AIPA menunjukkan sensitivitas dalam kerangka berpikir para anggota parlemen.

Hal itu terkait dengan "mindset" sebagai wakil rakyat yang senantiasa mengedepankan kepentingan masyarakat yang diwakilinya dalam perspektif kepentingan nasional.

Karena itu, kepedulian bersana para anggota parlemen di seputar masalah pembangunan ekonomi sebagai isu kunci kemajuan ASEAN perlu diikuti dengan implementasi atas kesepakatan bersama yang dituangkan dalam berbagai resolusi.

Menurut Ketua DPR RI ini, sebagai sebuah entitas organisasi regional di Asia Tenggara, ASEAN telah mencapai kemajuan berarti dengan adanya Bali Concord II tahun 2003 yang telah meletakkan komitmen untuk membentuk Komunitas ASEAN.

Apalagi, Piagam ASEAN tahun 2008 telah memberikan dasar hukum bagi Komunitas ASEAN serta pertemuan ASEAN di Bali pada November 2011 yang menghasilkan Bali Concord III.

ASEAN telah menempuh jalan yang cukup panjang dalam mewujudkan aspirasi untuk terbentuknya Komunitas ASEAN 2015 berdasar tiga pilar, yaitu ASEAN Political Security Community (ASC), ASEAN Economic Community (AEC) serta ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC).

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement