Kamis 13 Sep 2012 20:01 WIB

Jon Erizal: Pemulung Perlu Wadah Koperasi

Jon Erizal berdialog di penampungan pemulung
Foto: dokrep
Jon Erizal berdialog di penampungan pemulung

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Calon Gubernur Riau 2013-2018, Jon Erizal mengajak para pemulung di kota Pekanbaru untuk berhimpun dalam wadah koperasi atau badan usaha lainnya. Upaya itu, kata dia, perlu dilakukan untuk mengangkat taraf kehidupan para pemulung.

“Para pemulung adalah aset dan warga masyarakat kita. Jadi perlu mendapat perhatian agar ekonominya dapat terangkat,” ungkap calon gubernur Riau yang diusung PAN, PKS< dan PBB itu. Jon berharap dengan bergabung dalam wadah koperasi atau badan usaha, para pemulung bisa mendapat bantuan melalui program-program pemerintah.

Pengusaha nasional itu menyempatkan diri singgah di tempat penampungan hasil pemulung di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau.

Bendahara Umum DPP PAN itu menyalami para pemulung yang ditemuinya. “Segan saya pak, tangan saya kotor,” kata Marzuki, seorang pemulung, sambil menarik tangannya. Namun, Jon Erizal tetap menyalami para pemulung itu dan menggelar diskusi.

Seorang pemulung, Marzuki menuturkan, dirinya sudah bertahun-tahun menjadi pemulung di kawasan Rumbai.  Barang-barang yang dipulung antara lain tembaga, kuningan, aluminium, besi dan plastik tebal. Dari hasil memulung itu, ia menghidupi dan menyekolahkan tiga orang putrinya. “Bagaimana lagi pak, inilah yang bisa kita kerjakan. Yang penting halal,''ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement