Rabu 12 Sep 2012 21:45 WIB

Komisioner KPU: Sangat Mungkin Kanibalisme Terjadi

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Djibril Muhammad
Hadar Navis Gumay
Hadar Navis Gumay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTa - Kanibalisme diduga akan terjadi pada parpol yang tidak lolos verifikasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dugaan tersebut ditengarai oleh PDIP dan Partai Golkar.

Terkait hal tersebut, komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay tidak menampik kanibalisme partai akan terjadi. Karena, menurut dia, pada dasarnya semua partai ingin lolos proses verifikasi.

Sementara saat ini, lanjut dia, terbilang sulit untuk dapat mencari sumber daya manusia untuk terjun ke politik. Hal tersebut lantaran sebagian besar masyarakat sudah antipati terhadap politik.

"Sementara ini jadi syarat. Mereka bisa tidak lolos kalau tidak memenuhi. Makanya, dia akan berusaha semaksimal mungkin. Sangat mungkin mereka membeli," jelas Hadar, di Jakarta, Rabu (12/9).

Ia menegaskan, secara etika memang tak boleh partai politik melakukan kanibalisme, meski pun sampai saat ini belum ada peraturan KPU yang melarang hal itu. Sampai saat ini, KPU hanya berpatokan pada dokumen yang diserahkan partai.

Sejauh dokumen itu menunjukan kalau yang bersangkutan merupakan anggota partai, ia menjelaskan, maka hal itu tidak menjadi masalah. Apalagi nanti akan ada proses verifikasi faktual.

"Tapi nanti bisa saja, yaitu nanti kita membuat aturan agar tidak ada perpindahan anggota selama proses berlangsung," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement