Senin 10 Sep 2012 21:04 WIB

Maju Cawagub, Garin Sasar Anak Muda

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Hafidz Muftisany
Sutradara Garin Nugroho berdiri di depan poster film
Sutradara Garin Nugroho berdiri di depan poster film "Soegija".

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Masuknya Garin Nugraha ke ranah politik rupanya bukan tanpa dasar. Mengembalilan formulir pendaftaran cawagub, sineas tersebut nampak matang maju Pemilukada Jateng dengan misi memajukan pemuda.

Garin mendatangi kantor DPD PDIP Jateng, Senin (10/9) untuk mengembalikan formulir pendaftaran cawagub Jateng. Ditemani beberapa kawan, Garin mengenakan pita merah putih di pergelangan tangannya. Sutradara ternama tersebut pun menyanyikam beberapa lagu kebangsaan bersama kawan pendukungnya.

Usai menyerahkan formulir, Garin menyatakan keinginannya menjadi wakil gubernur Jateng. Dengan posisi yang berbeda jauh dengan profesinya tersebut, Garin tetap siap dan memantapkan diri. Pemuda, merupakan sasaran Garin setelah masuk ke ranah pemerintahan.

Garin mengatakan, dia ingin memajukan pemuda. Secara kultural, Sutradara film Soegija tersebut ingin memperbaiki bangsa melalui tangan pemuda. "Penduduk anak muda ini kan luar biasa. Ingin meningkatkan kebudayaan itu yang nomer satu. Karena anak muda yang terampil itu adalah tiang penyangga bangsa. Di negara maju, anak muda terampil jadi pemicu kemajuan bangsa," ujarnya.

Untuk mewujudkan keinginanya tersebut, Garin pun ingin mendampingi Rustriningsih yang juga maju cagub melalui PDIP. Wakil Gubernur Jateng tersebut dimata Garin sangat peduli kepada rakyat. Hingga Garin pun enggan maju kecuali mendampingi Rustri.

Pengamat politik, Sukardi Rinakit, yang juga pendamping Garin mengatakan, nama Garin berasal dari kata Gareng di dunia pewayangan yang selalu mengantarkan Punggawa Pandawa. "Kali ini Garin akan mendampingi Srikandi yaitu Rustriningsih," kata Sukardi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement