Senin 10 Sep 2012 19:58 WIB

Liverpool akan Bangun Pusat Pendidikan di Manado

Salah satu sudut di Kota Manado, ilustrasi
Foto: Blogspot
Salah satu sudut di Kota Manado, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO --  Staf Ahli Wali Kota Liverpool Inggris, Alexander Melbourne mengatakan, pihaknya segera mendirikan pusat perdagangan dan pendidikan di Manado, Sulawesi Utara.

"Kami akan menghubungkan pendidikan di Manado dengan Liverpool agar bisa mentranfer ilmu dari Liverpool ke kota ini," kata Melbourne di Manado, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya akan memulai dari pendidikan internasional dengan perguruan tinggi di Manado, sekaligus mengatur pertukaran pendidikan dengan universitas di Liverpool.

Melbourne menyebutkan, tiga perguruan tinggi di Manado, yakni Universitas Samratulangi (Unsrat), Univeritas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT), Universitas Katolik De La Salle bisa datang ke Liverpool.

"Sudah ada dua delegasi yang belajar di sana dan dari Liverpool juga akan datang ke Manado, untuk bertukar ilmu," kata Melbourne.

Ia menambahkan, setelah pendidikan, olahraga menjadi prioritas didirikan di Manado. Mereka punya dua klub sepakbola kelas dunia yakni Liverpool dan Everton. Jadi nanti akan membuka sekolah olahraga di Manado.

"Kami di sini untuk mempercepat penandatanganan MOU, begitu ditandatangani, maka banyak yang bisa langsung dilakukan," kata Melbourne.

Melbourne menambahkan kemungkinan Oktober nanti Wali Kota Liverpool Joe Anderson akan datang ke Manado, pada saat pembukaan sekolah sepakbola di Manado.

Ia menambahkan, jika nanti perjanjian kerjasama sudah resmi ditandatangani, maka selain pendidikan, perdagangan dan olahraga, pariwisata serta tentang lingkungan hidup juga akan dikerjasamakan.

"Dengan kerjasama yang terjalin, maka ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, karena Liverpool adalah maju dalam bidang pariwisata dan menjalin kerjasama kota kembar dengan Shangai, New York dan Calau," katanya.

Dengan begitu menurut Melbourne, Manado juga akan punya kesempatan untuk bekerjasama dengan New York sebagai salah kota terbesar di dunia, Calau kota paling dinamis di Jerman dan Shanghai yang tersukses di Cina.

"Ini adalah hal yang baik, jadi apa yang kami lakukan adalah menjadikan Manado kota internasional dengan membawa kesempatan tersebut ke sini," kata Melbourne.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement