Selasa 11 Sep 2012 02:07 WIB

Bugar Selama Ibadah Haji, Ini Dia Tipsnya

Sejumlah calon jamaah haji mengikuti manasik haji di Asrama haji, Pondok Gede, Jakarta
Foto: Republika/Agung Supri
Sejumlah calon jamaah haji mengikuti manasik haji di Asrama haji, Pondok Gede, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU---Dinas Kesehatan Kota Bengkulu menyarankan para calon jamaah haji di daerah itu untuk memperbanyak makan sayur, buah-buahan, minum air putih dan berolahraga.

Saran itu disampaikan mengingat calon jamaah haji Kota Bengkulu 2012 sebagian besar menderita penyakit darah tinggi, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Mixon Syahbuddin.

Ia mengatakan, selain menderita penyakit darah tinggi, para CJH daerah itu juga menderita penyakit jantung, rematik dan kencing manis.

Sebagai persiapan, kata dia, para CJH disarankan untuk menyediakan obat-obatan masing-masing agar bisa segera diminum jika sewaktu-waktu penyakitnya kumat saat berada di Arab Saudi.

Berdasarkan catatan, ada sekitar 130 dari 305 calon jamaah haji daerah itu yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada 2012 menderita penyakit darah tinggi.

Hasil pemeriksaan kesehatan terhadap para CJH oleh petugas medis di Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, tekanan darah para penderita darah tinggi mencapai 160-220.

"Bagi para CJH yang menderita penyakit darah tinggi disarankan mulai sekarang untuk menghentikan konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging," ujarnya.

Saat berada di Mekah Arab Saudi, para CJH hendaknya memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan karena diperkirakan suhu udara mencapai di atas 36 derajat Celcius.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement