Ahad 02 Sep 2012 08:46 WIB

Puluhan Paus Memilih Mati Bersama di Pantai

Mamalia paus mati terdampar (ilustrasi),
Foto: www.mirror.co.uk
Mamalia paus mati terdampar (ilustrasi),

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- Sebanyak 22 paus pilot terdampar di sepanjang pantai Atlantik Florida, Amerika Serikat, Sabtu (1/9). Sebanyak 17 mati kendati ada upaya sepanjang hari untuk menyelamatkan paus bersirip pendek itu.

Carli Segelson, petugas dari Florida Fish and Wildlife Conservation Commission, mengatakan paus pilot dipandang sangat cerdas, Mereka adalah spesies yang biasa mendamparkan diri mereka di pantai di seluruh dunia.

Penyebab terdamparnya ikan paus pada Sabtu tersebut belum diketahui. Allison Garret dari NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) mengatakan pembedahan mungkin bisa membantu menjelaskan mengapa hewan mamalia laut itu mendamparkan diri ke pantai.

Namun, Garret memperkirakan paus-paus itu memilih mendamparkan diri bersama di pantai.

"Mereka adalah hewan yang sangat sosial," kata Garret. "Jika satu dari mereka sakit dan pergi lalu terdampar, makan paus lainnya akan bergabung bersamanya. Mereka tak mau pergi."

Paus pilot jantan, yang biasanya berkulit hitam gelap dan bertubuh lebih besar ketimbang pilot betina, dapat tumbuh sampai 20 kaki. Beratnya bisa mencapai tiga ton.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement