Kamis 30 Aug 2012 17:10 WIB

DPR Seleksi Komisioner Komnas HAM, September

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Dewi Mardiani
Ketua DPR Marzuki Alie
Foto: Andika Wahyu/Antara
Ketua DPR Marzuki Alie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR, Marzuki Alie, mengatakan bahwa Komisi III DPR akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) anggota komisioner Komnas HAM pada September 2012. Sehingga, anggota komisioner yang baru akan dilantik pada akhir September.

"Komisi III DPR berjanji akan melakukan fit and proper test mulai minggu pertama hingga minggu ketiga bulan september," ujarnya saat ditemui di Gedung Parlemen Jakarta, Kamis (30/8).

 

Selain itu, Komisi III juga jelas Marzuki telah  mengirim surat pada Presiden SBY untuk perpanjangan jabatan Ketua Komnas HAM. Surat itu, menurutnya, sudah sampai ke tangan Presiden. "Atas permintaan komisi III itu saya kemarin sore sudah menandatangani surat kepada Presiden untuk perpanjangan jabatan Komnas HAM dan sudah sampai ke presiden," tambahnya.

Dia yakin keputusan Presiden terkait masa perpanjangan bisa saja keluar sore ini juga. Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa  perpanjangan masa ini telah didukung dan disetujui oleh Menkumham. "Saya dapat konfirmasi dari Menkumham akan diperpanjang, jangan ada kekosongan, apalagi situasi sekarang diperlukan," ungkap Anggota Dewan Pembina Demokrat ini.

Sementara Ketua MPR, Taufik Kiemas, menginstrusikan DPR untuk menengahi kasus yang tengah dialami Komnas HAM. Hal ini dilakukan menurutnya agar tidak ada kekosongan jabatan. Menurutnya, kevakuman tidak baik, terlebih untuk situasi sekarang ini. "Biar saya ketemu DPR, biar bisa selesaikan. Asal jangan ada kekosongan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement