Rabu 29 Aug 2012 23:05 WIB

Karawang akan Memiliki Bandara Setara Soekarno Hatta

 Suasana di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Cengkaren, Banten, Rabu (15/8).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Suasana di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Cengkaren, Banten, Rabu (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah berencana mempermudah akses menuju bandara baru di Karawang, Jawa Barat, dengan menghadirkan infrastruktur pendukung, yakni kereta api dan jalan tol.

"Akan ada 'toll road' juga kereta bandara dari Karawang ke Jakarta," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti, pada acara Indonesia International Infrastructure Confrence and Exhibition 2012, Jakarta, Rabu.

Herry memaparkan infrastruktur pendukung ini akan memudahkan masyarakat yang akan menuju bandara baru tersebut. Bandara di Karawang direncanakan dibangun pada akhir 2015 mendatang. Kehadiran bandara baru ini menyusul kapasitas Bandara Soekarno-Hatta sudah tidak mampu untuk menampung para pengunjung.

"Ini [bandara di Karawang] untuk mengatasi kemacetan dan hiruk pikuk di Bandara Soekarno-Hatta," tuturnya. Menurutnya, kapasitas bandara di Karawang ini akan serupa dengan Bandara Soekarno-Hatta.

Untuk tahap pertama, bandara di Karawang ini dapat menampung sebanyak 30 juta penumpang, yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Bandara ini dibangun dengan tiga tahap.

"Akan ada tiga tahap. Nantinya, kebutuhan dana pembangunan berasal dari PPP (public private partnership)," tuturnya. Bandara baru di Karawang ini akan mengetengahkan "Eco Airport", karena lahan untuk mendirikan bandara tersebut merupakan wilayah hutan, di mana pemilik mayoritas sekitar 80 persen adalah Perum Perhutani.

"Untuk itu, kita akan bahas dengan Pemerintah Daerah setempat, Kementerian Kehutanan dan Perhutani untuk lahannya sendiri," paparnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement