Rabu 29 Aug 2012 14:37 WIB

Wisata Bali Layak Dijual Mahal

Bali spa (illustration)
Foto: island-in-bali.blogspot.com
Bali spa (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Bali dinilai banyak memiliki potensi wisata yang belum tergarap dengan baik. Potensi wisata itu bahkan sangat layak untuk dijual mahal. Wisata yang bisa dijual mahal ke wisatawan itu itu antara lain pariwisata MICE, Spa, Sport dan Spiritual.

"(Potensi wisata) Bali itu sudah ada sebelumnya, tetapi masih belum optimal digarap,"  kata Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali Ngurah Wijaya, di Denpasar, Rabu.

Guna menjual pariwisata yang berkualitas, maka harus juga dilengkapi dengan akomodasi pariwisata yang sama kualitasnya karena Pulau Dewata sudah memiliki branding. Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali kemudian menilai wilayah Pulau Dewata masih membutuhkan pengembangan akomodasi bintang lima ke atas.

"Saat ini yang ada adalah persaingan hotel bintang tiga ke bawah dan itu tidak terlalu baik," kata Ngurah Wijaya.

Hotel kelas menengah tersebut menumpuk dan ramai di bangun di wilayah selatan Pulau Dewata. Menurut Ngurah, kondisi itu sangat tidak diharapkan dan bisa menjatuhkan citra pariwisata Bali karena seharusnya kawasan Pulau Dewata dijual mahal di dunia internasional.

Persaingan hotel bintang tiga ke bawah tersebut akan berdampak pada penggelembungan ekonomi di suatu wilayah tertentu padahal pembangunan tersebut tidak seimbang di seluruh wilayah Bali.

"Untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas wisata di sini maka pembangunan hotel bintang 5 ke atas harus terus ditambah," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement