Senin 27 Aug 2012 13:40 WIB

Ambulans Motor Percepat Pertolongan

Rep: neni ridarineni/ Red: Heri Ruslan
Muhammadiyah (ilustrasi).
Muhammadiyah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Selama Lebaran  ambulans motor milik PKU Muhammadiyah Yogyakarta ternyata sangat bermanfaat untuk memberikan pertolongan cepat kepada pasien terutama yang tinggal di gang-gang sempit.

''Ambulans motor ini dapat membantu pasien yang harus mendapatkan pertolongan cepat terutama penderita sesak napas karena asma dan jantung,''kata Supervisor Pelayanan Instalasi Gawat Darurat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Al-Afik  pada Republika, Senin (27/8).

Apabila kondisi macet juga akan mempercepat penanganan daripada menggunakan mobil ambulans. Karena dengan kendaraan roda dua bisa menerobos jalan yang bisa dilewati motor dan jalan yang kecil.

Menurut Afik, ambulans motor ini dilengkapi dengan peralatan kagawatdaruratan seperti nabulazer, infus, dan lain-lain. Yang mengendaraan ambulans ini adalah perawat kegawatdaruratan dan bila diperlukan dokter juga bisa digoncengkan dengan ambulans motor ini.

Ambulans motor ini diilhami saat Afik mengikuti training di Taiwan. Dan di sana ambulans motor ini sudah banyak yang menggunakan dan cukup efektif karena lebih  cepat. 

''Di  PKU Muhammadiyah Yogyakarta saya sampaikan ide ini dan kebetulan saya mendapatkan sebuah kendaraan roda dua yang kemudian saya modifikasi menjadi ambulans motor,''ungkap dia.

Ambulans motor di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta ini sudah berjalan selama empat tahun, tetapi belum banyak yang tahu. Pasien yang mendapat pertolongan pertama dengan menggunakan ambulans motor rata-rata per minggu baru tiga pasien. Karena itu sampai saat ini RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta baru ada satu ambulans motor.

Jasa untuk ambulans motor jauh lebih murah daripada ambulans mobil yakni untuk ambulans mobil Rp 80 ribu setiap kali datang, sedangkan ambulans motor hanya Rp 15 ribu. Namun kalau memerlukan tenaga dokter  untuk ambulans motor maupun mobil tambah Rp 50 ribu.

Ambulans motor RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta ini bekerjasama dengan YES 118, sehingga kalau warga kota Yogyakarta menggunakan jasa ambulans motor malah tidak membayar karena ditanggung oleh pemerintah kota Yogyakarta. Bagi warga yang mau menggunakan jasa ambulans motor bisa menelpon ke YES 0274-420118 atau 0274-370262.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement