Jumat 24 Aug 2012 13:37 WIB

Pusat Vulkanologi: Tangkuban Perahu Berstatus Waspada

Wisata Tangkuban Perahu
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Wisata Tangkuban Perahu

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi menyurati Gubernur Jabar, Bupati Bandung Barat dan Subang terkait peningkatan status Gunung Tangkuban Parahu dari aktif normal menjadi waspada (level II).

"Dengan peningkatan status menjadi waspada, direkomendasikan wisatawan, pendaki dan masyarakat tidak mendekat ke kawah dalam radius 1,5 kilometer. Kami sudah surati gubernur dan bupati setempat terkait rekomendasi PVMBG," kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api PVMBG Badan Geologi Hendrasto di Bandung, Jumat.

Menurut Hendrasti, PBVBG menaikan status aktivitas Gunung Tangkuban Parahu sejak Kamis (23/8) pukul 23.00 WIB menyusul ada peningkatan aktivitas ke level waspada atau level II.

Peningkatan aktivitas gunung itu, kata Hendrasto terpantau sejak 13 Agustus 2012 lalu dan ditetapkan ke level waspada tengah malam tadi.

"PVMBG sudah memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah setempat, langkah selanjutnya tergantung pemerintah daerah, terutama terkaid rekomendasi tidak ada pendakian atau aktivitas wisata di radiu 1,5 kilometer dari kawah," katanya.

Namun demikian, kata Hendrasto, masyarakat diimbau untuk tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya, dan tetap berkoordinasi dengan BPBD dan Posko Pengamatan Gunung Api Tangkuban Parahu di Desa Cikole Lembang.

Terkait aktivitas wisata, dimana pada saat liburan Hari Raya Idul Fitri saat ini cukup banyak, menurut Hendrasto perlu ada langkah dari pemerintah daerah terkait rekomendasi yang disampaikan oleh PVMBG, terutama menghindari jarak 1,5 kilometer dari kawah .

Di sisi lain, obyek wisata gunung itu dikunjungi hingga ke bibir kawah Ratu yang merupakan kawasan utama dari gunung legendaris di Bandung Raya itu.

Sementara itu aktivitas terakhir, kara Hendrasto Gunung Tangkuban Parahu sempat mengalami peningkatan status menjadi Siaga pada tahun 2005, namun tidak sampai terjadi letusan.

"PVMBG terus memantau perkembangan gunung api itu, dan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat," kata Kabid Pengamatan Gunung Api PVMBG Badan Geologi itu.

Gunung Tangkuban Parahu merupakan obyek wisata gunung api yang terletak di kawasan Lembang tepatnya di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Subang. Beberapa waktu lalu, obyek wisata alam itu sempat diblokir oleh warga dan pedagang setempat buntut konflik dengan pengelola taman wisata itu.

Obyek wisata itu baru kembali dibuka pada Kami (23/8) setelah adanya kesepakatan antara pedagang, warga dengan pihak PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) yang menjadi pengelola obyek wisata alam itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement