Rabu 22 Aug 2012 10:20 WIB

Mendesak, Korban Gempa Sigi Butuh Terpal dan Beras

Gempa Sigi
Foto: Antara
Gempa Sigi

REPUBLIKA.CO.ID, PALU - Korban gempa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah memerlukan bantuan beras dan terpal, mengingat suplai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sigi masih terbatas.

"Bantuan tenda dari masyarakat belum ada yang masuk ke Posko Utama. Kami sendiri baru menyalurkan sekitar 40 lembar terpal," kata Kepala Seksi Logistik BPBD setempat, Zakir, di Sigi, Rabu (22/8).

Dia mengatakan, terpal tersebut diperlukan warga sebagai tenda darurat di depan rumah mereka, mengingat gempa susulan berskala kecil masih terus terjadi di tiga kecamatan di Sigi, yakni Kulawi, Gumbasa, dan Lindu.

Ia memperkirakan, ratusan tenda yang masih diperlukan masyarakat korban gempa di Sigi itu.

Zakir merincikan, di Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa saja tercatat 79 rumah rusak berat, yaitu 54 rumah di Dusun I, 24 unit rumah di Dusun II, dan satu unit rumah di Dusun III.

Menurut dia, rumah-rumah yang rusak berat tidak bisa lagi ditempati, mengingat kondisi bangunannya bisa mengancam keamanan warga yang menempatinya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi, Ushuluddin juga membenarkan, tenda darurat masih diperlukan, mengingat suplai tenda dari posko induk masih terbatas.

Di Kecamatan Lindu yang jumlah penduduknya lebih dari 4.600 jiwa, baru disuplai 150 lembar terpal. Kecamatan Lindu ini merupakan daerah terparah yang terkena dampak kerusakan akibat gempa itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement