Selasa 21 Aug 2012 19:20 WIB

Hutan Lindung Gunung Papandayan Terbakar

Rep: Ghalih Huriarto/ Red: Hafidz Muftisany
Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat kebakaran. Kebakaran tersebut terjadi di kawasan Hutan Taman Wisata Gunung Papandayan di Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (21/8).

Kapolsek Cisurupan, Kompol Edet Hermawan menuturkan, pihaknya mendapat laporan dari BKSD Perhutani sekitar pukul 11.30 WIB yang melihat kepulan asap di lereng Gunung Papandayan.

"Kemudian kami kerahkan petugas untuk membantu mengecek, dan ternyata benar ada kebakaran," ujarnya saat dihubungi ROL, Selasa (21/8).

Aparat kepolisian, petugas Perhutani dan warga masyarakat langsung menuju lokasi kebakaran untuk memadamkan api. "Kami menggunakan alat manual seperti cangkul dan sabit untuk membabat alang-alang agar tidak membesar," ujar Edet.

Hingga pukul 18.30 WIB masih ada lokasi yang terbakar yaitu di lereng Gunung Papandayan. Aparat Kepolisian,  Perhutani, dan masyarakat kesulitan mencapai lokasi karena kondisi yang curam.

"Hingga saat ini ada sekitar 5 hektar yang terbakar. Untuk lokasi datar dekat sudah bisa dipadamkan, namun ke arah atas kami belum bisa menjangkau karena tebing curam," kata Edet.

Sampai saat ini belum diketahui terjadinya kebakaran tersebut. Edet mengungkapkan, pihak perhutani akan terus mengusahakan agar kebakaran tidak meluas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement