Sabtu 18 Aug 2012 15:16 WIB

Wisatawan Domestik Dominasi Bandara Ngurah Rai

Bandara Ngurah Rai Bali
Foto: AP/Nyoman Budhiana
Bandara Ngurah Rai Bali

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR--Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, didominasi wisatawan domestik yang mengisi liburan pada saat Lebaran.

"Kebanyakan orang yang baru tiba di bandara hendak libur Lebaran," kata Airport Duty Manager Ngurah Rai, Nyoman Bawa, saat dihubungi dari Denpasar, Jumat.

Data rekapitulasi harian dari Posko Monitoring Angkutan Lebaran menyebutkan hingga Kamis (16/8) sebanyak 13.036 orang tiba di Bandara Ngurah Rai. Mereka diangkut 99 unit pesawat, belum termasuk satu pesawat tambahan berkapasitas angkut 426 penumpang.

Jumlah itu meningkat 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2011 yang berjumlah 11.182 penumpang dengan 85 unit pesawat.

Sedangkan untuk arus keberangkatan domestik tercatat 10.985 yang menumpang 98 unit pesawat dan ditambah satu penerbangan tambahan dengan kapasitas angkut 394 orang.

Sementara untuk penerbangan internasional, arus kedatangan dan keberangkatan tidak jauh berbeda.

Sebanyak 8.810 penumpang tiba di Bali dengan menggunakan 49 unit pesawat, sedangkan keberangkatan sebanyak 9.909 penumpang dengan 50 unit pesawat.

Jumlah penumpang berangkat dan tiba di Pulau Dewata itu menunjukkan bahwa mayoritas aktivitas di salah satu bandara tersibuk di Indonesia itu didominasi arus kedatangan dari beberapa kota di Tanah Air.

Administrator Bandara Ngurah Rai memprediksi kedatangan dan keberangkatan penumpang akan melonjak hingga sepuluh persen pada puncak arus mudik Lebaran pada Sabtu ini.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement