Sabtu 18 Aug 2012 13:09 WIB

Inilah Titik Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Takbiran

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Endah Hapsari
Sejumlah Warga ibukota merayakan malam takbiran dengan berkonvoi kendaraan.
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah Warga ibukota merayakan malam takbiran dengan berkonvoi kendaraan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, telah mempersiapkan alih arus lalu lintas untuk malam takbiran di silang Monas, Jakarta Pusat. Namun alih arus tersebut sifatnya situasional.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Wahyono, mengatakan, Monas menjadi tujuan utama bagi warga yang akan melakukan takbiran. "Seperti tahun-tahun sebelumnya, salah satu tempat yang diprediksi akan diramaikan warga pada malam takbiran ialah silang Monumen Nasional (Monas). Jadi untuk merekayasa kemacetan, sudah kami siapkan alih arusnya," ujarnya, Sabtu (18/8).

Dijelaskan Wahyono, kepadatan arus lalu lintas akan terjadi mulai pukul 21.00-24.00 WIB. Kemacetan sudah pasti tidak terhindarkan, pasalnya kendaraan dari luar kota Jakarta akan masuk ke Jakarta seperti dari kawasan Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Kami siapkan penyekatan yang dilakukan aparat polantas yang bersiaga di 18 pos pengamanan dan 2 pos check point. Jadi bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Wahyono.

Selain itu, polisi mengimbau agar warga yang ingin melakukan takbir tidak berkonsentrasi di Jalan Jendral Sudirman, Jalan MH.Thamrin, dan seputar Monas. Polisi juga tidak akan memperbolehkan kendaraan parkir di bahu jalan. Hal ini untuk memperlancar arus lalu lintas pada saat takbiran nanti.

Untuk menjaga keamanan selama takbiran, petugas kepolisian akan berjaga di sepanjang jalan protokol dan melakukan patroli lalu lintas. Sementara itu, bagi warga yang mengangkut penumpang dengan kendaraan bak terbuka pada saat takbiran, akan dilakukan penindakan. Sebab, hal tersebut dilarang.

Berikut adalah titik pengalihan arus lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk malam takbiran : 

1. Istana Negara : Jl. Merdeka Barat - Jl. Merdeka Utara - Jl. Majapahit (sisi Timur) - Jl. Veteran Raya, Jl. Veteran I, II dan III - Jl. Museum - Jl. Are Silang Monas.

2. Arus lalu lintas dari arah Kota/ dari arah Jl. Suryo Pranoto yang menuju ke arah Jl. MH. Thamrin - Jl. Sudirman diarahkan melalui Jl. Djuanda - Jl. Pos - Jl. Lapangan Banteng Utara - Jl. Pejambon - Tugu Tani - Jl. Merdeka Selatan dan seterusnya.

3. Arus lalu lintas dari arah Jl. Jend. Sudirman - Jl. MH. Thamrin yang menuju ke arah Harmoni - Jl. Gajah Mada - Kota, diarahkan melalui Jl. Budi Kemuliaan - Jl. Abdul Muis - Jl. Majapahit dan seterusnya.

4. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani / Menteng Raya yang menuju ke arah Jl. Gajah mada - Kota diarahkan melalui Jl. Merdeka Selatan (sisi Selatan) - Jl. Budi Kemuliaan - Jl. Abdul Muis - Jl. Majapahit atau melalui Jl. Merdeka Timur - Jl. Perwira - Jl. Lapangan Banteng Barat - Jl. Kathedral - Jl. Pos dan seterusnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement