Rabu 15 Aug 2012 17:25 WIB

Pengunjung Prambanan Wajib Kenakan Sarung, Kok?

Candi Prambanan
Candi Prambanan

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- Pengunjung Candi Prambanan mulai Rabu (14/8), wajib mengenakan sarung. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati situs bersejarah yang telah mendapatkan pengakuan dari Unesco tahun 1991.

"Pengenaan sarung ini dituju bagi pengunjung yang telah akhil balik, khususnya yang hanya mengenakan celana pendek dan rok mini," kata Achmad Muchlis, sekretaris perusahaan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko di Prambanan, Sleman, Rabu (14/8).

Lebih lanjut Muchlis mengatakan untuk menyongsong liburan Idul Fitri 1433 H, telah disediakan sarung sebanyak 5.000 lembar dan petugas yang membantu untuk mengenakannya. "Sarung batik bermotif Baturetno ini akan selalu kami jaga kebersihannya. Kalau sudah tidak layak ya tidak dipakai lagi dan jangan sampai menjadi sarana penularan penyakit," katanya.

Sedang untuk persiapan liburan Lebaran, pihaknya telah melakukan persiapan, baik personel, maupun sarana dan prasarana untuk melayani wisatawan. Sejumlah fasilitas sudah diperbaiki dan disempurnakan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengunjung.

"Selama libur Lebaran 15-26 Agustus dilakukan pengunduran penutupan jam kunjungan. Semula tutu pukul 17.15, diundur pukul 17.30," kata Muchlis.

Selain itu, pihaknya juga akan menggelar sejumlah pentas seni dan hiburan tradisional. Di antaranya, campursari, badut, foto bersama penari Ramayana, keroncong, cokekan, dan kuda lumping.

"Unit Prambanan juga menggandeng pihak ketiga di antaranya, kuda tunggang, bursa tanaman anggrek, workshop seni lukis, pahat, dan batik," ujarnya.

Unit Ratu Boko, lanjutnya, juga memberi kemudahan pengunjung dengan adanya shuttle transpor gratis dari Prambanan-Ratu Boko atau sebaliknya. "Bagi pengunjung yang ingin menikmati kuliner, disediakan di Boko Resto sambil menikmati keindahan alam di sekitar Prambanan dan Gunung Merapi," ujarnya.

Sementara Sendratari Ramayana akan ditampilkan full story selama lima hari berturut-turut, 21-25 Agustus 2012 di Panggung Terbuka Prambanan. Sendratari akan ditampilkan pukul 19.30-21.30. Harga tiketnya, VIP Rp 300 ribu, Kelas Khusus Rp 200 ribu, Kelas 1 Rp 150 ribu dan Kelas 2 Rp 100 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement